Pelantikan Pejabat Struktural Akademik di Lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Tepat pada hari Kamis, tanggal 30 Januari 2020, di lingkungan internal IPDN dilakukan pergeseran beberapa pegawai berupa Pelantikan Pejabat Struktural Akademik, tidak terkecuali IPDN Kampus Sumatera Barat.  Pelantikan ini dilaksanakan di Gedung Zamhir Islami IPDN Kampus Jakarta oleh Bapak Hadi Prabowo selaku Plt. Rektor yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Secara keseluruhan beberapa pejabat yang dilantik tersebut adalah sebagai berikut:

Prof. Dr. Juanda, SH, MH   Kepala Lembaga Riset dan Pengkajian Strategi Pemerintahan
Dr. Prio Teguh, SH, M.Si     Direktur IPDN Kampus Jakarta
Dr. Andi Masrich, M.Si Kepala Pusat Riset dan Pengkajian Strategi Hukum Tata Pemerintahan pada Lembaga Riset dan Pengkajian Strategi Pemerintahan
Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si Wakil Direktur Bidang Administrasi pada Program Profesi Kepamongprajaan
Dr. Faria Ruhana, SP, MP   Wakil Direktur IPDN Kampus Jakarta
Dra. Hestiwati Basir, M.Si Wakil Direktur Bidang Akademik pada IPDN Kampus Sulawesi Utara
Drs. Suaib, M.Si                     Wakil Direktur Bidang Administrasi pada IPDN Kampus Sulawesi Selatan
Drs. Rotzami, M.Si                 Wakil Direktur Bidang Akademik pada IPDN Kampus Sumatera Barat
Dr. Mulyadi, Sp, M.Si         Wakil Direktur Bidang Administrasi pada IPDN Kampus Sumatera Barat
Drs. Decky Dwi Utomo, MM Wakil Direktur Bidang Keprajaan pada IPDN Kampus Sumatera Barat
Dr. Marja Sinurat, M.Pd, MM Ketua        Program         Studi       Keuangan Publik        pada                Program Sarjana Terapan Fakultas Manajemen Pemerintahan
Dr. Frans Dione, S.Ip, M.Si Ketua Program Studi Manajemen Pembangunan pada Program S1 Fakultas Manajemen Pemerintahan
Dwi Indah Kartika, S.Pd, M.Si Kepala Unit Perpustakaan pada Program Pascasarjana
Stenly F. Pangerapan, AP, M.Si Kepala Gugus Kendali Mutu pada IPDN Kampus Sulawesi Utara

       Dari beberapa pejabat diatas, terdapat beberapa pergeseran Wakil Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat. Adapun pada posisi Wakil Direktur Bidang Akademik dijabat oleh Drs. Rotzami, M.Si yang sebelumnya merupakan Wakil Direktur Bidang Keprajaan, kemudian pada posisi Wakil Direktur Bidang Administrasi ditempati oleh Dr. Mulyadi, SP, MP dimana beliau adalah Wakil Direktur Bidang Akademik sebelumnya, selanjutnya Drs. Decky Dwi Utomo, MM yang sebelumnya Fungsional Dosen kini menduduki posisi Wakil Direktur Bidang Keprajaan. Pada sesi amanah, Pak Hadi memberikan beberapa amanat dengan menekankan beberapa poin sebagai berikut:

  1. Segenap Civitas Akademika IPDN diharapkan untuk meningkatkan inovasi terutama dalam rangka mendorong daya saing Praja agar tidak tertinggal dengan para mahasiswa dari Perguruan Tinggi Umum. Hal tersebut mengingat praja langsung mempelajari ilmu terapan sehingga semestinya harus berada di garda terdepan.
  2. Segenap Civitas Akademika IPDN benar-benar memperhatikan keseimbangan JARLATSUH (Pengajaran, Pelatihan, dan Pengasuhan) yang merupakan kebanggaan dari sistem pendidikan IPDN.
  3. Praja IPDN diharapkan dididik secara serius sehingga paham berbagai teori terutama dalam pengimplementasiannya. Salah satu caranya bisa dengan mengundang para Dirjen Kemendagri untuk memberikan bagaimana gambaran secara real aplikasi berbagai kebijakan dan regulasi tersebut di lapangan.

Tentu saja harapannya dengan pelantikan ini, para Pejabat Struktural Akademik yang baru dapat bertugas dengan baik dan penuh amanah sehingga dapat merealisasikan poin-poin yang disampaikan Plt. Rektor dalam rangka mencapai visi dari IPDN sendiri.      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *