Penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di lingkungan IPDN Kampus Sumbar

Dalam rangka menindaklanjuti surat edaran dari Plt. Rektor IPDN No : 443.1/515/IPDN tentang kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Infeksi Covid 19 di lingkungan IPDN selama satu bulan terhitung mulai tanggal 14 maret 2020 s/d 14 april 2020.  IPDN Kampus IPDN sumatera barat  melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Virus Covid 19 diantaranya :

  1. Melakukan pembersihan di lingkungan kampus IPDN Kampus Sumatera Barat dengan Penyemprotan Disienfektan
  2. Penyediaan masker, alat pengukur suhu tubuh, sarung tangan, sanitizer, obat dan Vitamin
  3. Sterilisasi kampus dari berbagai kunjungan pihak luar kecuali yang sangat Urgen dan mendesak serta harus melalui pemeriksaan suhu tubuh
  4. Penundaan kegiatan akademis seperti kegiatan praktek lapangan didaerah, kegiatan kuliah lapangan dan pengabdian masyarakat
  5. Melaksanakan perkuliahan praja IPDN melalui sistem online atau kuliah jarak jauh
  6. Membatasi praja dengan kontak lingkungan luar seperti meniadakan pesiar, izin bermalam dan melarang praja menerima tamu dari luar kampus
  7. Memberikan edukasi oleh petugas poliklinik (KSA) IPDN Kampus Sumatera Barat berupa pola hidup bersih dan sehat, peningkatan gizi dan menggiatkan olah raga
  8. Membiasakan atau menjadikan prosedur tetap dalam memberi atau menerima salam tidak melakukan kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cium pipi kanan kiri. Adapun salam yang dianjurkan berupa  menyatukan telapak tangan di depan dada, salam dengan menyentuh dada kiri dengan dada kanan, hormat sesuai PUDD yang berlaku
  9. Mengoptimalisasi poliklinik kesehatan untuk melayani praja dan Civitas akademika IPDN Kmapus Sumtera Barat selam 24 jam dan kesiapam tenaga medis untuk menjalin koordinasi efektif dengan rumah sakit umum daerah yang menjadi rujukan/ dinas kesehatan setempat
  10. Mengoptimalkan peran pengasuh untuk memonitor /pengawasan terhadap aktifitas praja selama 24 jam di wisma khususnya bagi praja yang terindikasi adanya gejala sakit atau kurang sehat.

MALAM PUNCAK IPDN EXPO 2020

BASO- Malam puncak IPDN EXPO 2020 yang diselenggarakan di Kampus IPDN Region Sumatera Barat pada Minggu,15 Maret 2020 berjalan lancar.

IPDN EXPO merupakan acara peringatan Dies Natalis IPDN. Di EXPO disajikan serangkaian minat dan bakat, baik dari praja sendiri maupun masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam acara serta berbagai kuliner dari Sabang sampai Merauke yang menjadikan IPDN dikenal luas oleh masyarakat setempat.

Setelah pembukaan acara pada hari Rabu, 11 Maret 2020 kini usai sudah dengan penutupan yang biasa disebut sebagai malam puncak. Acara ini dihadiri oleh internal kampus. sendiri karena himbauan dari lembaga untuk mengantisipasi adanya virus corona yang akhirnya  membatalkan undangan dari external kampus. Namun, himbauan tersebut tidak menyurutkan semangat praja dalam menyelenggarakan kegiatan Malam Puncak IPDN EXPO.

Rangkaian kegiatan dimulai dari penampilan Drum Band Gita Abdi Praja (GAP) yang dilaksanakan dengan formasi diatas panggung membuka suasana yang baik dalam acara tersebut. Kemudian dilajutkan pembukaan oleh Wakil Direktur I, Selanjutnya penayangan video selayang pandang IPDN EXPO Kampus Sumatera Barat, Pagelaran Seni mulai dari Tarian kolosal yang dibawakan oleh praja. Disini praja menampilkan tarian dari Tarian Sumatera, Borneo, Jawa, Celebes, dan terakhir Noustrim dan ada juga drama kolosal, tarian gabungan dengan diiringi Band Khatulistiwa.

Pada penghujung acara yang merupakan acara inti yaitu Pemilihan Putra Putri Pusaka IPDN Kampus Sumatera Barat. Putra Putri Pusaka yaitu sebutan untuk putra putri kebanggaan perwakilan daerah regionnya masing-masing yang berada di Kampus IPDN Sumatera Barat. Pemilihan Putra Putri Pusaka melewati babak penyisihan yang awalnya 6 pasang menjadi 3 pasang Putra Putri Pusaka (Putra Sumbagut – Putri Subedjo ,Putra Noustrim – Putri Celebes, Putra Celebes –Putri Sumbagsel) . 3 pasang putra putri pusaka ini kemudian di uji materi mengenai intelijen. Sehingga menghasilkan 2 pasang putra putri (Putra Sumbagut – Putri Subejo ,Putra Noustrim – Putri Celebes) yang sudah memiliki poin yang dibutuhkan untuk menjadi Putra Putri Pusaka 2020.

Dari 6 Finalis Putra Putri Pusaka juga dilakukan Nominasi tertentu, yaitu Nominasi Putra-Putri Favorite yang diduduki oleh Putra Celebes (Reza Rachmat) – Putri Sumbagsel (Salsa Ghazani Putri), Nominasi Putra-Putri Best Coustum yang diduduki oleh Putra Sumbagsel ( Moh. Hendrawan) – Putri Sumbagut (Wira Eka Wulandari), Nominasi Putra-Putri Berbakat yang diduduki oleh Putra Borneo ( Juan Nofran Tobing)- Putri Borneo (Athiyya Ramadhanty), Nominasi Putra-Putri Fotogenic yang diduduki oleh Putra Subedjo (Ubaid Is Nur Rosyid ) – Putri Noustrim(Karenina Ananta).

Terakhir, Penentuan Putra Putri Pusaka 2020  dan Nominasi Putra Putri Pusaka Intelijen (Runner Up)  dari 2 finalis yang tersisa. Penentuan terpilihnya sesuai dengan keputusan juri. Maka diputuskan Putra Putri Pusaka 2020 dari segi penilaian dan syarat yang memenuhi yakni Putra Sumbagut (Jefri Rafli Pasha)  – Putri Subedjo (Afra Dhiya Syaharani)., sorak gembira memenuhi Auditorium dengan tepiuk tangan serta rasa syukur yang dipanjatkan dari finalis terpilih. Maka Nominasi Putra Putri Intelijen (Runner Up) disandang oleh Putra Noustrim (Komang Tri Maysa)- Putri Celebes (Lienly T. Raranta).

Usai penentuan tersebut, maka berakhir pula Acara Malam Puncak IPDN EXPO Kampus Sumatera Barat diiringi foto bersama antar region.

Pembukaan IPDN EXPO 2020 IPDN Kampus Sumatera Barat

Pembukaan IPDN Expo Kampus Sumatra Barat. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis IPDN yang dibuka secara langsung oleh Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat Dr. Tun Huseno pada hari rabu, 11 maret 2020 tepat pada pukul 09.00. WIB. Acara ini di hadiri oleh beberapa pejabat kab/kota di antaranya Wakil Walikota Payakumbuh, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Walikota Bukittinggi, Kapolres Bukittinggj serta para pejabat lainnya.

Dalam acara pembukaan IPDN EXPO 2020 diawali dengan tarian pasambahan oleh praja putri IPDN SUMATERA BARAT yang dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia MP. Haidir Ali Wailissa dengan memaparkan rincian kegiatan IPDN EXPO 2020 selanjutnya sambutan Direktur IPDN Sumatera Barat Dr. Tun Huseno. Dalam acara pembukaan IPDN EXPO 2020 kali ini  sebagai simbolis dilakukan kegiatan pelepasan burung merpati oleh Direktur IPDN dan para pejabat yang hadir

Selain itu dalam acara pembukaan IPDN EXPO 2020 dimeriahkan oleh penampilan dari Drum Corps Gita Abdi Praja dan diakhiri dengan penampilan tarian sajojo oleh para praja dan juga para pejabat yang hadir. Dilanjutkan dengan pemotongan pita kegiatan bazar nusantara, dimana dalam basar nusantara tersebut menyajikan berbagai jenis olahan makanan dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia, terdiri dari stand Noustrim beberapa provinsi bagian Indonesia timur,  Stand Celebes yang terdiri dari beberapa provinsi yang ada di pulau Sulawesi dan Stand Borneo, Sumbagut dan Sumbagsel. Dalam pembukaan basar nusantara Direktur dan para pejabat mendatangi satu per satu stand setiap region dan mecicipi makanan khas daerah dari setiap region yang ada. Acara ini dibuka untuk umum dan diselenggarakan sampai tanggal 15 maret 2020 dengan malam puncak yaitu pemilihan putra putri pusaka. (timjur6)

MERIAHNYA KIRAP NUSANTARA IPDN EXPO IPDN KAMPUS SUMBAR

Semoga dengan kegiatan Kirab Nusantara dalam rangka IPDN Expo ini dapat membuat pariwisata di kota Bukittinggi menjadi lebih maju lagi.”

Kutipan kalimat yang diucapkan Dr. Tun Huseno M.Si ketika menyampaikan sambutan selaku direktur IPDN Kampus Sumatera Barat yang berkesempatan hadir dan mendampingi dalam acara Kirab Nusantara yang dilaksanakan pada minggu (08/03) yang merupakan acara paling pertama yang dilaksanakan dari sederet rangkaian acara IPDN Expo 2020 dalam rangka peringatan moment Dies Natalies IPDN setiap tahunnya.

Kirab Nusantara resmi dimulai dengan Pengibaran bendera secara simbolis oleh direktur IPDN Kampus Sumatera Barat yang segera dilanjutkan dengan parade penampilan dan atraksi dari Drumcorps Gita Abdi Praja (GAP)  Kampus Sumatera Barat yang dilengkapi dengan iringan Praja dari seluruh nusantara membawa 34 bendera Provinsi masing-masing dan juga Finalis Putra Putri Pusako yang merupakan perwakilan dari 6 pembagian wilayah yang ada di Indonesia yang merupakan gambaran dari pluralitas dan wujud dari Mini-Indonesia yang ada di IPDN dengan segala macam latar belakang budaya dan keberagaman yang ada di negeri ini.

Iringan Kirab Nusantara bertolak dari pelataran lapangan kantin pada sekitar pukul 14.00 WIB ke arah Istana Bung Hatta dan Jam Gadang yang merupakan landmark kota di Bukittinggi. Respons masyarakat kepada acara Kirab Nusantara ini sangat besar; hal itu terbukti dengan banyaknya masyarakat yang menyaksikan iringan Kirab Nusantara walaupun cuaca mendung dan sedikit hujan turun namun nyatanya tak membuat masyarakat untuk berhenti menyaksikan Acara tersebut terutama ketika para Praja menampilkan kebolehannya dalam Drumcorps Gita Abdi Praja yang mampu memukau dan menjadi ‘primadona’ dalam acara tersebut.

Acara Kirab Nusantara ini merupakan awal dari rangkaian acara IPDN Expo Kampus Sumatera Barat 2020 dalam rangka memperingati Dies Natalies Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang akan dilaksanakan di IPDN Kampus Sumatera Barat pada tanggal 11 – 15 Maret 2020 dengan berbagai macam kegiatan serta perlombaan yang diadakan salah satunya adalah pemilihan Putra-Putri Pusako dan juga tak lupa ada bazzar nusantara yang akan menyajikan  berbagai macam barang dan makanan dengan ciri khas dan latar belakang budaya yang beragam dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.(timjur6)

LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH PRAJA IPDN KAMPUS SUMBAR

Madya Praja I Dewa Gede Agung Putra dan Komang Tri Maysa Darmawan asal pendaftaran Bali Program studi Teknologi rekayasa informasi pemerintahan IPDN Kampus sumatera barat mengikuti lomba penulisan Essay dalam rangka Fiction 5 Th Asean yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri padang.

Dalam Lomba Penulisan karya ilmiah ini Praja memberikan Judul “ POLITISI MUDA SBAGAI PEMATIK KESADARAN BERPOLITIK DI KALANGAN PEMUDA” praja yang mengikuti lomba penulisan ini awalnya mngirimkan karya tulis mereka untuk diseleksi terlebih dahulu, kemudian dari hasil seleksi tersebut mereka dinyatakan lolos sebagai finalis dan berhak untuk mengikuti tahapan berikutnya yakni persentasi karya yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang pada hari jumat 6 Maret 2020.

Adapun peserta dari lomba ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas seluruh indonesia antara lain Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Riau, Universita Negeri Semarang, Universitas Pattimura, Universitas Udayana, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Negeri padang.

Lomba karya tulis ilmiah yang diikuti praja tidak luput juga di dukung dan disuport oleh Direktur IPDN Kampus sumatera Barat, wakil Direktur dan Kepala Bagian Akademik ini ditandai oleh kedatangan bapak Direktur untuk menyemangati Praja yang mengikuti Lomba tersebut.

Ujian Tengah Semester Madya Praja IPDN Kampus Sumatera Barat

Madya Praja IPDN Kampus Sumatera Barat melaksanakan ujian tengah semester di mulai pada Senin tanggal 2 maret dan berakhir tanggal 6 maret 2020, pelaksanaan ujian ini terdiri dari 2 Program studi yakni Keuangan Publik dan Teknologi rekayasa Informasi pemerintahan. 

Adapun pelaksanaan ujian tengah semester ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Nagara Bhakti IPDN kampus Sumatera Barat pada Program Studi Keuangan public yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan ujian tengah semester Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan dilaksanakan di ruangan Kelas Abdi praja terdiri dari 12 kelas.

Ujian tengah semester ini juga tidak luput dari pengawasan Direktur IPDN yakni Bapak Dr. Tun Huseno M. Si dan juga di damping oleh Wakil Direktur Bidang Administrasi Umum Bapak Dr. Mulyadi MM dan Kepala Bagian Akademik Kerjasama Bapak Rui Munis S. STP. M. Si.

Kuliah Umum bersama Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Jurusan Administrasi FIS UNP dengan IPDN Kampus Sumatera Barat

Kamis, 20 Februari 2020 bertempat di gedung serbaguna fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dilaksanakan penandatangan Mou  antara Jurusan Administrasi Fis UNP dengan IPDN Kampus Sumatera Barat.  penandatangan Mou ditanda tangani oleh bapak Dr. Tun Huseno M. Si selaku Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat dan Dr. Yuli Antomi, M. Si selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial UNP.

Setelah penanadatangan Mou dilanjutkan dengan Kuliah Umum Oleh Direktur IPDN kampus Sumatera barat dan di moderatori oleh bapak Aldi Frinaldi SH., M. Hum Ph. D selaku Ketua Jurusan IAN Fis UNP. Kuliah umum di ikuti oleh mahasiswa Jurusan Administrasi Negara dan Madya Praja IPDN Kampus Sumatera barat. kuliah umum dilasanakan sangat atraktif dan menarik karena Bapak Dr. Tun Huseno menyampaikan materi mudah di pahami oleh mahasiswa UNP maupun Praja IPDN.

Kegiatan kuliah umum ditutup dengan penyerahan cendera mata dan foto bersama. Semoga kedepannya pihak IPDN maupun UNP dapat saling bersinergi demi meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik lagi.

KULIAH UMUM PRAJA IPDN KAMPUS SUMATERA BARAT BERSAMA BAPAK DR. SIGIT PUDJIANTO SH., M. H

Telah dilaksanakan Kuliah Umum bagi Praja IPDN Kampus Sumatera Barat Kuliah umum pada Rabu (05/02) Pukul 08.30 WIB yang diselenggarakan di Gedung Auditorium IPDN kampus Sumatera Barat. kuliah umum yang di isi oleh Bapak Dr. Widodo Sigit Pudjianto, S.H., M.H sebagai pemateri yang juga merupakan salah satu Dosen berpengalaman di IPDN yang membahas dan menyampaikan materi tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang berdasarkan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014.

                Kuliah umum di buka oleh Bapak  Dr. Tun Huseno SE., M. Si  selaku Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat, dalam hal ini direktur menyampaikan kuliah umum  bagi praja dapat berlangsung diikuti dan berguna untuk menambah wawasan bagi praja, dan kuliah umum ini di moderatori oleh Bapak Dr. Mulyadi, S.p., M.Si yang merupakan Wakil Direktur II Bidang Administrasi Umum.

                Bapak Dr. Widodo Sigit Pudjianto, S.H., M.H menekankan bahwasannya terdapat beberapa aturan yang harus diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang ternyata pada implementasi di lapangan terdapat beberapa kekeliruan. Tak hanya menilai tentang kekurangan namun juga beliau menambahkan solusi dari beberapa permasalahan yang ada dilapangan yang diharapkan dapat menjadi dasar pemikiran bagi audiens yang hadir  selaku kader-kader pemerintahan dimasa yang akan datang. Penyampaian materi disampaikan secara interaktif dan lingkup bahasannya pun  tidak hanya Praja saja; namun juga seluruh Civitas Akademika IPDN kampus Sumatera Barat yang hadir pada saat acara tersebut.

Kuliah umum yang dilaksanakan dapat menarik perhatian dan merangsang rasa ingin tahu audiens yang hadir terlihat dari besarnya minat dalam mengajukan beberapa pertanyaan namun karena keterbatasan waktu dan kesempatan membuat hanya beberapa pertanyaan saja yang dapat dijawab oleh pemateri.

Penanda tanganan Serah terima Jabatan Wakil Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat

Baso, 4 Februari 2020 bertempat di Gedung Krida Utama IPDN Kampus Sumatera Barat pukul 16 . 30  WIB dilaksanakan penanda tangan Berita serah terima Jabatan Wakil Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat. acara ini merupakan ceremonial dari pergeseran Jabatan Wakil direktur IPDN Kampus Sumatera Barat. yang belum lama ini dilantik oleh Plt Rektor IPDN yakni Bapak Hadi Prabowo di IPDN Jakarta. Lanjutan dari pelantikan Wakil Direktur IPDN Kampus Sumatera yang berlangsung di IPDN cilandak tersebut.

Penandatangan Berita serah terima jabatan ini dilaksanakan oleh Drs. Bustamar, Drs. Mulyadi dan Drs. Decky Dwi Utomo MM namun dan dalam hal ini bapak Drs.Rotazami M. Si selaku Wakil Direktur Bidang Administrasi Akademik dan Kerjasama berhalangan hadir karna sakit. Untuk sebagai penguat berita serah terima jabatan ini juga turut ditanda tangani oleh oleh Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat Dr. Tun Huseno SE., M. Si, Bapak Rui Monis S. STP., M. Si selaku Kepala Bagian akademik dan kerjasama dan Bapak Dedi Robandi SE., MM selaku kepala bagian administrasi umum sebagai saksi.

Penandatanganan berita serah terima jabatan ini dihadiri oleh beberapa Pejabat struktural IPDN Kampus Suamtera Barat dan civitas Akaemika IPDN Kampus Sumatera Barat.

Pada kesemptan ini bapat Dr. Tun Huseno. SE., M. Si selalu direktur IPDN Kampus sumatera barat memberikan ucapan selamat kepada para Wakil Direktur yang baru dilantik. Semoga dengan tugas yang diemban bisa terjalani dengan baik, dan Direktur sangat berharap sekali kepada para Wakil Direktur untuk dapat selalu bekerja sama dan membantu pada bidangnya masing – masing.

Pelantikan Pejabat Struktural Akademik di Lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Tepat pada hari Kamis, tanggal 30 Januari 2020, di lingkungan internal IPDN dilakukan pergeseran beberapa pegawai berupa Pelantikan Pejabat Struktural Akademik, tidak terkecuali IPDN Kampus Sumatera Barat.  Pelantikan ini dilaksanakan di Gedung Zamhir Islami IPDN Kampus Jakarta oleh Bapak Hadi Prabowo selaku Plt. Rektor yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Secara keseluruhan beberapa pejabat yang dilantik tersebut adalah sebagai berikut:

Prof. Dr. Juanda, SH, MH   Kepala Lembaga Riset dan Pengkajian Strategi Pemerintahan
Dr. Prio Teguh, SH, M.Si     Direktur IPDN Kampus Jakarta
Dr. Andi Masrich, M.Si Kepala Pusat Riset dan Pengkajian Strategi Hukum Tata Pemerintahan pada Lembaga Riset dan Pengkajian Strategi Pemerintahan
Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si Wakil Direktur Bidang Administrasi pada Program Profesi Kepamongprajaan
Dr. Faria Ruhana, SP, MP   Wakil Direktur IPDN Kampus Jakarta
Dra. Hestiwati Basir, M.Si Wakil Direktur Bidang Akademik pada IPDN Kampus Sulawesi Utara
Drs. Suaib, M.Si                     Wakil Direktur Bidang Administrasi pada IPDN Kampus Sulawesi Selatan
Drs. Rotzami, M.Si                 Wakil Direktur Bidang Akademik pada IPDN Kampus Sumatera Barat
Dr. Mulyadi, Sp, M.Si         Wakil Direktur Bidang Administrasi pada IPDN Kampus Sumatera Barat
Drs. Decky Dwi Utomo, MM Wakil Direktur Bidang Keprajaan pada IPDN Kampus Sumatera Barat
Dr. Marja Sinurat, M.Pd, MM Ketua        Program         Studi       Keuangan Publik        pada                Program Sarjana Terapan Fakultas Manajemen Pemerintahan
Dr. Frans Dione, S.Ip, M.Si Ketua Program Studi Manajemen Pembangunan pada Program S1 Fakultas Manajemen Pemerintahan
Dwi Indah Kartika, S.Pd, M.Si Kepala Unit Perpustakaan pada Program Pascasarjana
Stenly F. Pangerapan, AP, M.Si Kepala Gugus Kendali Mutu pada IPDN Kampus Sulawesi Utara

       Dari beberapa pejabat diatas, terdapat beberapa pergeseran Wakil Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat. Adapun pada posisi Wakil Direktur Bidang Akademik dijabat oleh Drs. Rotzami, M.Si yang sebelumnya merupakan Wakil Direktur Bidang Keprajaan, kemudian pada posisi Wakil Direktur Bidang Administrasi ditempati oleh Dr. Mulyadi, SP, MP dimana beliau adalah Wakil Direktur Bidang Akademik sebelumnya, selanjutnya Drs. Decky Dwi Utomo, MM yang sebelumnya Fungsional Dosen kini menduduki posisi Wakil Direktur Bidang Keprajaan. Pada sesi amanah, Pak Hadi memberikan beberapa amanat dengan menekankan beberapa poin sebagai berikut:

  1. Segenap Civitas Akademika IPDN diharapkan untuk meningkatkan inovasi terutama dalam rangka mendorong daya saing Praja agar tidak tertinggal dengan para mahasiswa dari Perguruan Tinggi Umum. Hal tersebut mengingat praja langsung mempelajari ilmu terapan sehingga semestinya harus berada di garda terdepan.
  2. Segenap Civitas Akademika IPDN benar-benar memperhatikan keseimbangan JARLATSUH (Pengajaran, Pelatihan, dan Pengasuhan) yang merupakan kebanggaan dari sistem pendidikan IPDN.
  3. Praja IPDN diharapkan dididik secara serius sehingga paham berbagai teori terutama dalam pengimplementasiannya. Salah satu caranya bisa dengan mengundang para Dirjen Kemendagri untuk memberikan bagaimana gambaran secara real aplikasi berbagai kebijakan dan regulasi tersebut di lapangan.

Tentu saja harapannya dengan pelantikan ini, para Pejabat Struktural Akademik yang baru dapat bertugas dengan baik dan penuh amanah sehingga dapat merealisasikan poin-poin yang disampaikan Plt. Rektor dalam rangka mencapai visi dari IPDN sendiri.