Agenda Rapat dan Penjajakan Awal Budidaya bagi Praja IPDN Kampus Sumatera Barat

Sebagai kader pamong pemerintahan praja IPDN Kampus sumbar harus memiliki kecakapan dalam memerintah kepada masyarakat yang notabene mempunyai kehidupan yang beragam. Ini  ditandai dengan adanya pelatihan penyuluhan budidaya kepada Praja IPDN kampus sumatera Barat.

Penyuluhan budidaya kepada praja IPDN mendapat Dukungan sepenuhnya Oleh Bapak Dr. Tun Huseno SE., M. Si selaku Direktur IPDN kmapus Sumatera Barat yang dalam hal ini pelatihan budidaya  telah di agendakan akan menjadi kegiatan pelatihan bagi praja IPDN Kampus Sumatera Barat. IPDN kampus Sumatera Barat pada saat ini telah memiliki perkebunan yang sudah aktif seperti kebun Buah naga yang di pelopori oleh Unit Budidaya IPDN Kampus Sumatera Barat.

Untuk lebih meningkatan lagi pengetahuan praja mengenai Budidaya maka, jumat, 31 Januari 2020 bertempat di ruang rapat Niti sastra IPDN Kampus Sumatera Barat diadakan agenda rapat Direktur, Kepala Unit Budidaya IPDN Kampus Sumatera Barat bersama Dosen penyuluhan budidaya dari Kampus UNAND.

Ada beberapa macam spesifikasi budidaya untuk praja IPDN Kampus Sumatera Barat yakni :

  • Budidaya Peternakan

Upaya pengembangan budidaya ternak yang dilakukan yakni melalui 1) optimalisasi inseminasi buatan dan kawin alam, 2) pengembangan budidaya ternak perah, 3) pengembangan perunggasan, 4) penataan usaha peternakan babi, dan 5). Pada kesempatan ini Bapak Dr. Ridho Kurniawan Rulsi S.Pt., MP dan El Latifa Sri Suharto sebagai tenaga penyuluhan Budidaya peternakan bagi praja IPN kampus Suamtera Barat.

  • Budidaya Pertanian

Dalam pertanian, budi daya merupakan kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal lahan untuk diambil manfaat/hasil panennya. Kegiatan budi daya dapat dianggap sebagai inti dari usaha tani, pada kesempatan bapak Andrik Matrha SP.,MP sebagai tenaga penyuluhan budidaya pertanian

  • Budidaya Perikanan

 Budidaya perikanan didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk memproduksi biota (organisme) akuatik secara terkontrol dalam rangka mendapatkan keuntungan (profit). Istilah lain dari budidaya perikanan adalah akuakultur, perikanan budidaya, budidaya ikan, dan budidaya perairan. Bapak Yoliza Atharis S.Pi., M. Si sebagai tenaga penyuluhan Budidaya peternakan.

  • Budidaya Perkebunan

perkebunan di Indonesia dibedakan atas dua golongan yaitu perkebun dan perusahaan perkebun. Pekebun adalah perorangan yang melakukan usaha perkebunan dengan skala usaha tidak mencapai skala tertentu, atau lebih dikenal dengan perkebunan rakyat. Perusahaan perkebunan adalah pelaku usaha perkebunan  berbentuk badan hukum yang meliputi koperasi dan perseroan terbatas baik milik negara maupun swasta, yang mengelola usaha perkebunan dengan skala tertentu. Pada kesempatan ini bapak Fatardho Zudri S.Pi., MP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *