Kunjungan Perpustakaan IPDN Pusat Jatinangor Ke Kampus Regional Sumatra Barat

Perpustakaan IPDN Jatinangor bersama kepala unit perpustakaan Jatinangor dan seorang Fendor IPDN dari Ebsco atas nama Dedi Haryadi. Kegiatan diselenggaran dalam rangka mensosialisasikan e-Book dan e-jurnal dari Ebsco  dan Turnitin. Dimana IPDN telah bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional. Trend perpustakaan zaman sekarang adalah menggunakaan digital dimana kita jarang melihat buku karena semua konten sudah menggunakan e-resources melalui e-book dan e-jurnal dari ebscohost telah digunakan oleh 15 university in the world. Sehingga IPDN sekarang mulai untuk mengikuti trend perpustakaan tersebut.

Ebsco adalah e-journal databases yang berpusat di Ipswich, USA, menyediakan informasi bagi para peneliti, pengajar dan mahasiswa dalam berbagai bidang ilmu. Untuk mengakses Ebsco kita harus logi terlebih dahulu karena Ebsco adalah website yang berbayar.

            Banyak sekali terjadinya plagiarism di Indonesia sehingga suatu karya ilmiah harus di cek kebenarannya. Plagiarism biasaya bisa di terima ketika plagiarismnya maksimal 30% tetapi kembali ke Universitas masing-masing. Turnitin adalah nama dari sebuah website yaitu turnitin.com yang menyediakan fasilitas untuk mendeteksi suatu tindakan plagiarism terhadap suatu karya ilmiah.

Mahasiswa tidak memiliki akun untyuk Turnitin tetapi ada akun khusus mahasiswa yang login melalui akun dosen agar dosen yang melakukan pengecekannya. Bagi praja yang menginginkan Login ke website Ebsco bisa hubungi tim Jurnalistik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *