UJIAN TENGAH SEMESTER III MADYA PRAJA ANGKATAN XXIX TAHUN AJARAN 2019/2020 IPDN KAMPUS SUMATERA BARAT

Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa atau yang dalam hal ini adalah praja sebagai peserta didik. Evaluasi ini adalah sebagai salah satu cara untuk menilai kemam­puan praja dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan studi sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan setelah separuh proses pembelajaran berjalan. Dilaksanakan setiap pertengahan semester ganjil maupun genap. Melalui UTS pula diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kompetitif antar praja khususnya dalam bidang akademik.

Sesuai dengan kalender akademik, pekan ini seluruh Madya Praja Angkatan XXIX IPDN Kampus Sumatera Barat melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil (III) Tahun Ajaran 2019/2020. Dimulai dari hari Senin, 21 Oktober 2019 sampai dengan Jumat, 25 Oktober 2019. Adapun pelaksanaan UTS tersebut menempati dua gedung dan beberapa kelas.

Madya Praja Program Studi Keuangan Publik melaksanakan UTS bertempat di Gedung Dharma Satya (Auditorium) yang dipetakan menjadi dua belas kelas ujian. Sedangkan Gedung Abdi Praja (gedung perkuliahan) merupakan lokasi pelaksanaan UTS bagi Madya Praja Program Studi Teknologi Rekayasa Ilmu Pemerintahan (TRIP) yang juga terbagi atas dua belas kelas ujian. Pengelompokkan dan pemisahan ini dilakukan untuk memudahkan pengawasan dan mekanisme pelaksanaan ujian. Pemilihan Gedung Abdi Praja untuk program studi TRIP didasari oleh ketersediaan wifi yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan ujian Mata Kuliah Algoritma.

Pada hari pertama pelaksanaan UTS, secara umum ujian berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. Praja memasuki ruangan ujian dan menempati bangku masing-masing dengan tertib. Seluruh perlengkapan yang tidak dibutuhkan dalam pelaksanaan ujian diletakkan dengan rapi di depan, di samping pengawas masing-masing. Dilanjutkan dengan menyiapkan kelas oleh salah seorang praja dan berdo’a sebelum ujian. Kemudian perwakilan praja membacakan tata tertib ujian (dilakukan hanya di hari pertama). Usai memahami seluruh isi tata tertib maka pengawas mulai membagikan lembar soal dan lembar jawaban. Praja kemudian mulai melaksanakan ujian dengan khidmat dan tertib. Sesi pertama ujian berakhir pada pukul 10.00 WIB. Setelah jeda istirahat 15 menit, dilanjutkan dengan sesi ke dua pada pukul 10.15 WIB dan berakhir pada pukul 12.15 WIB. Sesi ke dua juga berjalan dengan baik dan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *