IPDN Kampus Sumbar Bisa Memperkokoh Agam sebagai Daerah Pendidikan

Mentri Da­lam Negeri Gamawan Fauzi mengharapkan kehadiran In­stitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) memperkokoh Agam dan sekitarnya sebagai daerah pendidikan untuk men­cetak para intelektual.

Daerah ini alamnya sejuk dan enak untuk belajar, dulu di Bukittinggi ada sekolah raja yang satunya lagi hanya ada di Bandung, dan berdasarkan catatan sejarah Agam, Bukit­tinggi dan tetangganya Lima­puluh Kota banyak sekali mencetak intelektual di Sum­bar karena daerahnya cocok untuk pengembangan pen­di­dikan, dibangunnya IPDN di Baso karena APDN dulu juga ada di Bukittinggi,” kata Ga­mawan pada peresmian IPDN Baso Jumat kemarin.

Kalau Agam dan seki­tar­nya basis pengembangan pen­didikan dan intelektual, untuk pengembangan agama sesuai dengan pepatah syarak man­daki adat manurun adalah daerah pesisir. Sebagai wilayah basis pe­ngembangan budaya dan adat dikembalikan ke daerah Pa­garuyung Tanahdatar, seba­gai ikonnya adalah istano Basa Paga­ruyung yang segera dires­mikan.Juga dikatakan Gamawan, tiga hal yakni agama, adat dan intelektual yang dirangkum dalam Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah harus diperkuat di Mi­nang­kabau.

“Saya menaruh harapan kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat, terutama masyarakat Kabupaten Agam dan masyarakat Kota Bukit­tinggi, untuk turut serta mem­berikan perhatian terhadap proses pembauran budaya bagi para Praja IPDN kampus Sumatera Barat ini,” kata Ga­mawan Fauzi.

Pelaksanaan pendidikan IPDN Kampus Sumatera Barat ini, akan menampung sekitar 600 praja IPDN yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Para praja IPDN ter­sebut memiliki latarbelakang sosial budaya yang berbeda-beda, sehingga memerlukan penyesuaian budaya dalam proses pergaulan sosial dengan masyarakat Sumbar. Menurutnya, keragaman nilai-nilai budaya yang akan terbentuk dalam sanubari para Praja IPDN, akan memperkaya pemahaman mereka tentang makna Bhinneka TunggaI Ika, yang memiliki makna “ber­beda-beda, namun tetap satu”.

This entry was posted in Berita Terkini. Bookmark the permalink.

Comments are closed.